Forum Demokrasi Digital Melindungi Privasi Mantan, Festival Melupakan Mantan Bikin Langkah Kreatif

Festival Melupakan Mantan (FMM) yang akan berlangsung di Jogja pada Februari ini talah mendapat surat himbauan dari Forum Demokrasi Digital (FDD) terkait pameran para foto para mantan dalam galeri kenangan yang berpotensi melanggar UU ITE tentang privasi di internet.

Menurut Seto Prayogi selaku organiser FMM, pameran tersebut berlangsung di galeri dan bukan di internet, sehingga berada di luar jangkauan teknologi digital dan UU ITE. Jika ada yang mengunggah foto mantan di internet, hal itu berkaitan dengan pelakunya dan berada di luar tanggung jawab pihak FMM. “Kami sama sekali tak memiliki niat untuk itu,” ujar Seto.

Namun, pihak FMM menanggapi himbauan pihak FDD secara serius. “Melihat situasi dan kondisi yang berkembang serta melalui diskusi dengan berbagai pihak, kami panitia Festival Melupakan Mantan sepakat untuk MENGGANTI konten tersebut. Dalam Acara Festival Melupakan Mantan nanti, kami tidak akan menggunakan gimmick membawa dan menempelkan foto manta,” ujar Seto.

Sebagai gantinya, FMM melakukan langkah kreatif yang tak kalah seru. “Konten ini akan kami gantikan dengan mengajak audience untuk membuat abstraksi dan coretan karya tangan mereka yang menceritakan tentang kenangan dan nilai yang didapatkan dari mantan dan masa lalu.  Coretan karya tangan audience ini nantinya yang akan dipajang dalam galery terbuka dan menjadi karya bersama para pegiat masa lalu (sebutan kami untuk para audience FMM),” lanjut Seto.

 

*sumber : http://syahrazade.com/forum-demokrasi-digital-melindungi-privasi-mantan-festival-melupakan-mantan-bikin-langkah-kreatif/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *